Selasa, 02 Maret 2010

Perkembangan Teknologi Industri Di Indonesia

Kehidupan industri Indonesia pernah mengalami masa kritis yang hampir menyebabkan industri-industri besar di Indonesia gulung tikar, meskipun kenyataannya ada beberapa yang benar-benar gulung tikar. Masa itu adalah masa 1998, masa dimana Indonesia terkena gelombang krisis moneter yang secara langsung mengakibatkan nilai rupiah melemah sampai level Rp. 17.000,00 terhadap dollar Amerika. Keterbatasan yang dimiliki oleh industri Indonesia dan ketergantungan yang besar terhadap negara asing menjadi sumber masalah kondisi tersebut. Keterbatasan terhadap pengelolaan sumber daya alam, sehingga industri Indonesia hanya mampu menjual produk dasar yang nilainya sangat rendah. Industri asing membeli produk murah Indonesia dan melakukan pengolahan dengan teknologi canggih, hasilnya industri asing mampu menjual produk olahannya ke Indonesia dengan harga yang dua kali lipat lebih tinggi daripada harga beli dari Indonesia. Ketergantungan terhadap bahan pendukung dari asing dan teknologi dari asing juga menjadi akar masalah tidak mandirinya industri Indonesia. Industri Indonesia masih banyak yang bergantung dengan teknologi dari luar negeri dalam proses pemanfaatan sumber daya alam Indonesia. Tentunya kerjasama itu, tidak sekedar kerjasama, ada kontrak perjanjian yang mau tidak mau merugikan Indonesia. Selain realita industri besar Indonesia yang mengalami masa kritis. Ada realita lain yang cukup membahagiakan, ternyata industri kecil Indonesia masih tetap eksis menghadapi gelombang krisis moneter. Industri kecil mampu menunjukkan kemandirian sebagai sebuah Industri. Industri kecil yang sebelumnya sering dilihat sebelah mata oleh banyak pihak ternyata mampu membuktikan dengan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perekonomian Indonesia.
Sejalan dengan berjalannya waktu, Industri Indonesia mulai merangkak dari masa kritis. Industri mulai menyesuaikan dengan kondisi-kondisi yang mempengaruhinya secara siginifikan. Hal yang umum diketahui tentang Industri meliputi tiga hal utama, yaitu konsumsi, produksi dan distribusi. Tiap hal ini memiliki proses tersendiri dan keterkaitan dengan kondisi lain yang sangat kompleks. Sehingga dalam proses merangkaknya industri, secara komprehensif meliputi tiga hal tersebut.
Sejalan dengan proses merangkaknya Industri Indonesia. Ada dua isu utama yang menjadi peluang dan tantangan bagi dunia Industri, yaitu globalisasi dan desentralisasi.
Era globalisasi menuntut setiap pelaku industri untuk meningkatkan kemampuan bersaing, baik dalam memproduksi, memasarkan, maupun menerobos pasar yang batas-batasnya semakin tidak jelas, serta dalam suatu kerangka persaingan yang sangat kompetitif. Pada dasarnya, berbicara tentang globalisasi tidak jauh-jauh dari yang namanya kecanggihan teknologi. Perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat menuntut Industri bersaing dengan daya kompetensi yang sangat tinggi. Sentuhan teknologi mampu memberikan penambahan nilai yang tinggi terhadap produk industri. Nilai yang dimaksud dapat berupa nilai secara guna, ekonomi, efisiensi, ramah lingkungan dan sebagainya.
Era desentralisasi di Indonesia, yang secara menyeluruh diterapkan dengan diberlakukannya Undang-undang nomor 22 tahun 1999 tentang otonomi daerah telah membuka peluang yang sangat besar bagi Industri untuk lebih memanfaatkan potensi lokal yang belum terjamah. Pemanfaatan ini tentunya tetap dilandasi dengan daya kompetensi yang didukung oleh seluruh potensi yang dimiliki bangsa Indonesia secara sinergi baik sektoral maupun dengan seluruh kabupaten atau kota.
Untuk menjawab tantangan dan peluang industri itu, tidak bisa dilepaskan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang malas. Bangsa yang sebagaian besar sebagai kuli (dilihat dari banyaknya TKI dan jumlah pelamar kerja). Bangsa yang kurang kreatif untuk melihat kesempatan dan potensi diri. Realita yang ada menyebutkan masih sangat sedikit, masyarakat Indonesia yang menciptakan usaha sendiri, baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri maupun untuk menyerap tenaga kerja. Permasalahan utamanya bukan lagi pada kekurangan modal. Namun pada kurangnya mental positif yang dimiliki masyarakat Indonesia. Paradigma lama yang masih melekat adalah paradigma untuk bergantung dengan orang lain. Paradigma ini dapat dilihat dengan masih sangat banyaknya orang tua yang menyekolahkan anaknya dengan harapan agar mudah untuk mencari kerja di tempat orang lain. Masih sangat jarang orang tua yang menanamkan mental kemandirian pada anak-anaknya. Paradigma ini dapat dan juga telah memberikan pengaruh negatif terhadap perkembangan industri Indonesia saat ini. Pada akhirnya hal inilah yang telah membenarkan pepatah lama yang cukup menyakitkan untuk didengar yaitu, bangsa Indonesia menjadi kuli di tempatnya sendiri.
Acungan jempol dua patutnya ditujukan kepada salah satu dai Indonesia, KH. Abdullah Gymnastyar. Saat ini bukan kemampuan komunikasi dan retorikanya yang dipuji. Namun keberhasilan beliau dalam merintis adanya kampung industri di tempat beliau tinggal. Sosok inilah yang patut untuk dicontoh oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi genarasi muda Indonesia. Ikhtiar beliau telah mampu menghidupi masyarakat di sekitar dengan usaha-usaha yang telah beliau dirikan. Ide positif beliau dengan dasar kemandirian telah beliau tunjukkan dengan kesuksesan belaiu mendirikan kampung Industri di daerahnya.
Kampung industri adalah ide cerdas mengemas industri dengan tetap membawa potensi lokal yang dimiliiki. Inovatif, kreatif dan unik serta visioner menjadi nilai utama adanya kampung industri. Dapat dibayangkan jika di Indonesia menjamur kampung industri, maka dapat dipastikan permasalahan tenaga kerja Indonesia tidak akan seperti ini. Kampung industri akan menjadi bibit persiapan masa depan Indonesia ketika minyak bumi dan gas alam sudah habis, ketika emas, intan, dan logam lainnya, sudah habis, dan ketika sumber daya alam Indonesia lainnya juga sudah habis. Untuk mendirikan kampung industri tidak harus langsung besar, tetapi dimulai dari langkah kecil yang mantap, cepat dan berproses.
Untuk itu, dengan melihat kondisi dan potensi Indonesia saat ini, dengan didukung isu globalisasi dan desentralisasi, dan juga pengalaman ketika krisis moneter, adanya kampung industri akan memberikan nuansa yang cerah perindustrian di Indonesia

Referensi : Google search Engine

ULASAN TENTANG SISTEM OPERASI KHUSUSNYA WINDOWS

Sebelum sya menjelaskan tentang system operasi windows,saya akan menjelaskan dahulu tetang Sistem Operasi atau Operating Sistem.Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di computer.Jadi semua computer di dunia ini memakai atau membutuhkan system operasi untuk menjalankan computer.Sistem operasi pun beraneka ragam macamnya,seperti windows,linux,unix,dan masih banyak yang lainnya.Dan disini saya akan mengulas lebih dalam tentang system operasi windows.
Sistem Operasi “Windows” dibuat oleh perusahaan Microsoft yang terletak di Amerika dan dipimpin oleh Bill Gates.Mengapa di katakan windows, Mungkin karena yang pertama tampil di layar monitor ketika komputer dihidupkan adalah gambar seperti jendela-jendela kecil. Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).Sistem operasi windows telah berevolusi dari MS-DOS. sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983.

Berikut sejarah singkat windows yang dikutip dari “wikipedia(ensiklopedia bebas)”.

Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

Dari waktu ke waktu mictrosoft windows mengalami perubahan versi,mulai dari versi16 bit, berjalan di atas MS-DOS,kemudian mengembangkan kembali ke versi Hibrida (16-bit/32-bit), berjalan tanpa MS-DOS (meski tidak sepenuhnya),kemudian dikembangkan kembali dengan versi yang bebasis Kernel,dan kemudian pada tahun 2010 microsoft akan meluncurkan kembali versi yang terbaru yaitu Windows 7 "Vienna".
Berikut versi lengkap dari Windows.Sudah dirilis
• 16-bit, berjalan di atas MS-DOS
o 1985 November - Windows 1.0
o 1987 9 Desember - Windows 2.0
o 1990 22 Mei - Windows 3.0
o 1992 Agustus - Windows 3.1
o 1992 Oktober - Windows for Workgroups 3.1
o 1993 November - Windows for Workgroups 3.11

• Hibrida (16-bit/32-bit), berjalan tanpa MS-DOS (meski tidak sepenuhnya)
o 1995 24 Agustus - Windows 95 (Versi: 4.00.950)
o 1998 25 Juni - Windows 98 (Versi: 4.1.1998)
o 1999 5 Mei - Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222)
o 2000 19 Juni - Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000)
• Berbasis kernel Windows NT
o 1993 Agustus - Windows NT 3.1
o 1994 September - Windows NT 3.5
o 1995 Juni - Windows NT 3.51
o 1996 29 Juli - Windows NT 4.0
o 2000 17 Februari - Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195)
o 2002 - Windows XP (Versi: NT 5.1.2600)
o 2003 - Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790)
o 2007 - Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000)
o 2008 - Windows Server 2008 (Versi 6.1)


Referensi : Wikipedia.com

Langkah langkah untuk mempercepat koneksi internet

Dizaman sekarang ini,kebutuhan teknologi dikalangan masyarakat amat lah penting,terutama kebutuhan internet,didalam internet semua orang dapat mengakses dengan mudah maupun mendapatkan informasi yang dibutuhkan,tentunya untuk memakai internet harus melalui media yang lebih dikenal modem ataupun wireless dan semacamnya.Nah berikut langkah - langkah untuk mempercepat internet.
Langkah - Langkahnya ialah :

1.Download PuTTY
2.Ekstrak menggunakan WinRAR dan simpan PuTTY.exe pada C:WINDOWS
3.Biarkanlah PuTTY tidur disana, tidak usah diaktifkan Klik Start Menu => Run dan masukan "putty -P 222 -N -D 9999 -C net@cepat.abangadek.com"tanpa tanda petik (”) setelah itu jendela DOS akan terbuka
4.Pada saat diminta password, ketikan "cepat123"tanpa tanda petik (”) dan Enter, tapi jangan heran pada saat memasukan password anda tidak melihat apapun, makanya anda harus hati-hati memasukan password, jika salah maka PuTTY akan memberitahu anda, jika salah lagi maka PuTTY akan terminate (close). Jika setelah memasukan password PuTTY tidak ada reaksi (kursor hanya turun) maka anda sudah betulPada saat diminta password, ketikan “cepat123” tanpa tanda petik (”) dan Enter, tapi jangan heran pada saat memasukan password anda tidak melihat apapun, makanya anda harus hati-hati memasukan password, jika salah maka PuTTY akan memberitahu anda, jika salah lagi maka PuTTY akan terminate (close). Jika setelah memasukan password PuTTY tidak ada reaksi (kursor hanya turun) maka anda sudah betul
5.Arahkan agar browser menggunakan SOCKS proxy di localhost, port 9999
6.Selamat browsing dengan kecepatan baru

Ini cara mempercepat Bandwidth Internet, bagi yang belum tahu boleh dicoba kalau koneksi Internet anda lambat...

Click Start --> Run --> ketik gpedit.msc
Akan tampil Group Policy Editor --> Local Computer Policy --> Computer Configuration --> Administrative Templates --> Network --> QOS Packet Scheduler --> Limit Reservable Bandwidth --> Pilih Enable lalu Bandwidth limit isi (%) isi dengan 0 (defaultnya 20) lalu klik OK.

Selamat Mencoba...semoga bermanfaat...semoga bisa digunakan...
Yah klo gak bisa mohon maaf,karena jujur saya belum coba,hanya baru baca dari referensi dari buku.
(^^,)

Referensi : Google Search Engine

Anak Ajaib (Versi Teknologi,) Dari Bandung

Bandung,bukan hanya ponari saja yang mempunyai julukan “anak ajaib”,menurut saya ada lagi anak ajaib dari bandung yang bernama FAHMA WALUYA.Mungkin gak bisa ditangkap dengan akal sehat(bahasa lebay nya,hehe..) yang akan tergambar di benak sebagian dari kita ketika mendengar kata pengembangan aplikasi dan bahasa pemrograman. Namun bagi Fahma Waluya, mengembangkan sebuah aplikasi mobile sungguh menyenangkan baginya.Fatma biasa dipanggil oleh teman – teman nya, dengan bangga memamerkan aplikasi buatannya, di acara peresmian kerjasama antara ITB dengan Forum Nokia di Green Hill Universal Hotel pada hari kamis tanggal 11 Februari 2010 di Bandung.
"Waktu buat aplikasi ini saya umur 10 tahun, sekarang umur saya 11 tahun. Jadi aplikasi ini selesai dalam waktu satu tahun. Menyenangkan buat aplikasi seperti ini," ujar murid kelas 6 Sekolah Dasar Cendekia, Bandung ini.
Awalnya ialah ketika ia melihat ayahnya sedang menjalankan program aplikasi flash untuk mengerjakan tugasnya yang notabene merupakan kepala laboratorium pengembang aplikasi dan teknologi WINNER di Institut Teknologi Bandung (ITB),singkat cerita ia ditangtang oleh ayahnya untuk membuat games dari program alpikasi flash.Kemudian ia (Fahma) tertangtan untuk membuatnya,
fahma kemudian menuturkan saat pertama kali mendapat ide membuat aplikasi ini. Pada waktu itu, Fahma sedang getol mempelajari Flash. Lalu ayahnya mengarahkannya untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

"Nama aplikasi ini BHAW, singkatan dari Belajar Huruf Angka dan Warna. Aplikasi ini semacam game untuk anak-anak, membantu mereka belajar huruf, mengenal angka dan juga warna," terang Fahma.rupanya hasil penemuan fahma dilirik oleh Forum Nokia untuk di hak patenkan. Fahma yang juga hobi menulis dan bercita-cita menjadi dosen elektro seperti ayahnya ini punya segudang prestasi lainnya. Yang terbaru, pekan lalu Fahma memenangkan Kontes Imuwan Robot Cilik (KIRC) yang diadakan di Bandung Electronic Centre (BEC).
Saya sendiri mengacungkan sepuluh jempol untuk fahma jika punya 10 jempol,berhubung punya nya 2 jempol tangan saya,harus saya berikan semua untuk anak ajaib yang satu ini.Congratulation Fahma Four Your Talent…(^^,)


Referensi : Okezone.com

Perancangan WEB

Perancangan web adalah proses merancang halaman web, situs web, Wweb atau aplikasi multimedia untuk Web. Memanfaatkan berbagai disiplin ilmu, seperti animasi, authoring, desain komunikasi, identitas korporat, desain grafis, interaksi manusia-komputer, arsitektur informasi, interaksi desain, pemasaran, fotografi, mesin pencari optimasi dan tipografi.

• Markup bahasa (seperti HTML, XHTML dan XML)
• Gaya lembar bahasa (seperti CSS dan XSL)
• Client-side scripting (seperti JavaScript dan VBScript)
• Server-side scripting (seperti PHP dan ASP)
• Teknologi database (seperti MySQL dan PostgreSQL)
• Teknologi multimedia (seperti Flash dan Silverlight)

Halaman web dan situs web dapat halaman statis, atau dapat diprogram ke halaman yang dinamis akan secara otomatis menyesuaikan konten atau tampilan visual, tergantung pada berbagai faktor, seperti masukan dari pengguna akhir atau masukan dari Webmaster.
Perancang web atau desainer web adalah orang yang mempunyai keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, melalui Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi internet, Microblogging, pembaca RSS.
Halaman Web dan situs Web dapat halaman statis, atau dapat diprogram untuk halaman dinamis yang secara otomatis mengadaptasi konten atau tampilan visual tergantung pada berbagai faktor, seperti masukan dari pengguna akhir, masukan dari para Webmaster atau perubahan dalam lingkungan komputasi (seperti situs yang terkait dengan database yang telah diubah).
Dengan berkembangnya spesialisasi dalam desain komunikasi dan bidang teknologi informasi, ada kecenderungan kuat untuk menarik garis yang jelas antara desain web khusus untuk halaman web dan pengembangan web untuk logistik secara keseluruhan dari semua layanan berbasis web.



Referensi : Google Search Engine

Berbagai Aplikasi untuk WEB

Dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web (bahasa Inggris: web application atau sering disingkat webapp) adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, AJAX, Java, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.
Aplikasi web menjadi populer karena kemudahan tersedianya aplikasi klien untuk mengaksesnya, penjelajah web, yang kadang disebut sebagai suatu thin client (klien tipis). Kemampuan untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web tanpa harus mendistribusikan dan menginstalasi perangkat lunak pada kemungkinan ribuan komputer klien merupakan alasan kunci popularitasnya. Aplikasi web yang umum misalnya webmail, toko ritel daring, lelang daring, wiki, papan diskusi, weblog, serta MMORPG.
1.Fusebox
Salah satu contoh aplikasi untuk web ialah Fusebox.Fusebox adalah suatu metodologi untuk pengembangan aplikasi web. Fusebox telah diciptakan untuk menyederhanakan aplikasi web dengan membaginya ke dalam banyak bagian. Fusebox telah diberi nama dan dirancang sedemikian rupa. Gagasannya adalah, jika suatu bagian dari Fusebox aktif berhenti, aplikasi lainnya tetap dapat bekerja. Fusebox awalnya diciptakan untuk Cold Fusion tetapi kemudian dikembangkan ke PHP. Fusebox telah dirancang untuk menyederhanakan aplikasi web dalam banyak cara. Dengan Fusebox, aplikasi web kompleks menjadi mudah untuk mengubah, mudah untuk memahami, mudah untuk mengatur dan mudah untuk memperbaiki. Sebagai contoh, katakanlah anda mempunyai suatu usaha dengan website milik sendiri. Dan anda sedang meninggalkan usaha tersebut ke orang lain dan tidak sempat menjelaskan bagaimana website tersebut bekerja. Dengan Fusebox, seseorang dengan secara relatif yang tidak memiliki pengetahuan tentang aplikasi anda dapat duduk dan menggambarkannya hanya dalam hitungan menit. Hal ini tentunya menghemat banyak waktu.
Untuk melakukan percepatan dalam pembuatan ataupun melakukan perubahan terhadap suatu aplikasi Fusebox menggunakan metoda FLIP (Fusebox Lifecycle Process) sebagai dasar project management pembuatan aplikasi yang hasil akhirnya menggunakan framework fusebox (http://www.fusebox.org) sebagai framework aplikasi berbasis web yang menggunakan php sebagai bahasa pemrogramannya. Mengapa kami menggunakan Fusebox sebagai framework? Berikut ini adalah keuntungan dalam penggunaan fusebox adalah sebagai berikut :
• Bergabung banyak developer-developer lain menggunakan arsitektur standar di dunia.
• Komunitas Besar dan terus berkembang diantara para developer.
• Meningkatkan produktifitas
• Memudahkan membuat code yang dapat digunakan kembali
• Maintenance code program menjadi lebih mudah.
• Produktivitas Tim Development lebih meningkat.
Lebih Lanjut penjelasan mengenai FLIP adalah manajemen proyek melalui pendekatan planning, architecting, coding dan testing pada aplikasi fusebox. FliP dibuat untuk menghambat sampai 70% kesalahan yang umumnya dilakukan pada saat membuat aplikasi. Salah satu mantra FliP yang sangat mendasar adalah “Client tidak dapat memberitahu anda apa yang mereka inginkan untuk membuat sampai mereka sendiri yang melihatnya”.Bila mereka tahu secara pasti apa yang mereka inginkan dari awal, tentunya mereka tidak membutuhkan arsitek software. Mereka akan berpikir keras apa yang mereka inginkan, tetapi kebanyakan tidak akan melakukan hal itu. Bila anda menunggu sampai aplikasi dicoding untuk kemudian diperlihatkan, kebutuhan akan perubahan oleh pelanggan akan menjadi lebih sulit dan menambah biaya untuk implementasi. Atas dasar pemikiran tersebut, FliP fokus pada kesepakatan kebutuhan aplikasi sebelum coding dimulai.
FliP terdiri dari beberapa fase antara lain :
• Wifeframing
Wireframe adalah pembuatan kerangka sederhana sebagai bagian pembuatan aplikasi. Wireframe tanpa grafik, dan hanya fokus pada menampilkan Alur aplikasi dan proses bisnis apa yang akan dilihat oleh client.
• Design Templates
Pada langkah ini, kerangka visual interface dibuat.
• Prototype dengan Catatan untuk Developer
Menggunakan wireframe sebagai peta alur aplikasi, dan menggunakan Design Template sebagai basis user interface, prototype dibuat. Prototype terdiri dari HTML statis; tanpa code program yang sudah ditulis. Hal ini memudahkan perubahan pada prototype. Client dapat melihat prototype dan mengisikan komentar maupun pertanyaan pada Catatan Developer (DevNotes), diskusi sederhana pada sebuah forum untuk setiap halaman prototype. Berdasarkan komentar-komentar ini, prototype diperbaiki sampai pelanggan puas terhadap prototype yang menggambarkan aplikasi yang akan mereka buat. Pada point ini, prototype akan dibekukan untuk mengurangi perubahan di masa yang akan datang. Tujuan tersebut agar hal tersebut menjadi final bagaimana sebuah kode aplikasi akan terlihat dan berfungsi. Beberapa orang menyebutnya “Front end” Prototype, saat ini faktanya Prototype FliP menjadi “Front end” aplikasi final.
• Arsitektur & Fusedocs
Saat prototype selesai, arsitek menurunkan aplikasi tersebut ke dalam circuit, fuseaction dan fuses. Fase ini sebagai referensi dalam membuat bagan dokumen.
• Coding
Menggunakan Fusedoc, programmer menulis setiap file fuse kedalam spesifikasi pada setiap fusedoc.


Test
Melakukan pengetesan pada setiap file fuse. Yang akan dilakukan secara berulang pada sebuah file fuse dan digunakan untuk konfirmasi pada fungsi fuse dengan menyediakan variabel.

2.WEB SEMANTIC
Web semantik merujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.
Istilah web semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan web semantik. Web semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.
Tim Berners-Lee berkata:

‘’People keep asking what Web 3.0 is. I think maybe when you've got an overlay of scalable vector graphics - everything rippling and folding and looking misty - on Web 2.0 and access to a semantic Web integrated across a huge space of data, you'll have access to an unbelievable data resource‘’





Referensi : Google Search Engine

== Sejarah Web==

Penemu pertama kali dari website adalah Tim Berners-Lee|Sir Timothy John atau lebih dikenal ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul di dunia internet pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, [[CERN]] (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang dan dapat diakses oleh siapa pun dari berbakai kalangan.

Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi ''hyperlink'' ([[pranala]]) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara karena isi dari web nya telah dirancang khusus untuk keperluan yang khusus.

Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi [[HTML]] dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa [[komputer pribadi]], [[laptop]], [[PDA]] ataupun [[telepon selular]].

Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan [[server web]], juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. [[Apache HTTP Server|Apache]] adalah [[piranti lunak]] yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah [[Microsoft]] [[Internet Information Services]] (IIS).


Referensi : Google Search Engine

WEB

Menurut arti dari terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Adapun istilah yang ada didalam web yaitu halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar yang dapat diakses oleh siapa saja dengan menggunakan koneksi internet.
Kemudian Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage,(biasa homepage yang pertama muncul ialah aplikasi untuk program internet seperti mozila firework apabila kita menginstall mozila) . URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut melalui user name dan password yang telah dibuat pada sebelumnya disitus yang bersangkutan.

Referensi : Google Search Engine