Pada kesempatan kali ini,saya akan membahas tentang salah satu bentuk situs atau website yang banyak digunakan masyarakat didunia ini untuk mempromosikan atau alat untuk menjual sesuatu melalui sebuah jaringan internet yaitu E-commerce.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Salah satu contoh bentuk e-commerce yaitu situs dealkeren,berikut screenshoot nya...
Di Indonesia Deal Keren Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta menyediakan fasilitas dimana kalian dapat memilah-milah menurut kota dan kategori, misalnya, jika Anda tinggal di Jakarta, cukup klik pada nama kota dan pilih kategori yang diinginkan (Kesehatan & Kecantikan, Hiburan, Restoran, Hotel & Travel, Olahraga dan lainnya) dan seketika akan muncul semua penawaran menurut kategori yang berada di Jakarta. Kemudian,apabila kalian melakukan registrasi, semua update dan informasi tentang penawaran akan dikirim langsung ke E-Mail Anda setiap harinya.
Begitu hebatnya Dskon sehingga semua promo diskon yang ditawarkan oleh Deal keren Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan di seluruh Indonesia dapat ditemukan. Tak hanya itu, puluhan penawaran diskon lain dari 13 website daily deals Indonesia serupa juga kami kumpulkan dalam satu halaman ini sehingga mempermudah para konsumen untuk mencari dan memilik diskon yang paling tepat untuk mereka. Faktanya, setelah dealkeren diakuisisi LivingSocial membuat semua promo travel, hiburan seperti dufan, wisata, restoran, salon, spa, dan hiburan semakin menarik dan beragam.
Berikut salah satu contoh kategori beserta keterangan dari dealkeren :
Demikian pembahasan untuk kali ini,semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi untuk membuat suatu situs e-commerce.See yaa (^^,)...
Referensi :
-Google search engine
-Wikipedia
-Dealkeren