Pada kesempatan kali ini,saya akan membahas tentang Tanggung Jawab Sosial di Bidang Wirausaha Katering.Kebetulan juga ada dideket rumah ada,jadi bisa dibuat contoh,hehe..?
Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah sebut saja Pak Bambang mempunyai ide untuk membuat bisnis katering makanan.Biasanya ia mendistribusikan nya atau sasaran target yang utama ialah untuk menyuplai makanan kepada perusahaan – perusahaan yang umumnya belum mempunyai kantin.
Bisnis katering adalah bisnis kepercayaan dan “rasa”. Untuk membuka pasar kita bisa memulai dari acara-acara hajatan keluarga sendiri yang kita kelola sendiri kateringnya dan di setiap meja penyajian kita tempelkan nama katering kita sebagai tanda pengenal dan promosi. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan brosur dan kartu nama. Jika kita bisa mengelola pelayanan katering di hajatan keluarga dengan baik maka semua kenalan dan relasi akan mengetahui kemampuan kita. Untuk mengetahui kualitas dan nikmatnya masakan kita bisa memulai dengan memasak dan menyajikan berbagai menu dalam setiap acara arisan keluarga, RT atau perkumpulan yang kita ikuti dan dengarkan dna minta komentar tamu kita. Dari sini kepercayaan kepada anda akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut ini terkadang lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan beriklan tanpa pernah kita menunjukkan kemampuan kita di sebuah acara. Dalam bisnis yang utama dalah kesinambungan order maka untuk memperoleh order konsep pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Penawaran door to door di instansi-instansi pemerintah juga bisa dilakukan. Di awal Anda membuka usaha, buatlah promosi. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan dan Jangan pelit/seganmemberikan sample masakan/mengundang makan orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di sebuah perusahaan/intansi.
Wirausaha di bidang katering ini menjalankan tanggung jawab sosial terhadap konsumen yaitu:
- Memberikan garansi terhadap konsumen bila ada makanan yang mengandung bahan – bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
- Memberikan potongan harga/diskon terhadap konsumen bila memesan dalam paket yang besar.
Tanggung jawab sosial terhadap lingkungan nya antara lain :
- Menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar tempat usaha.
- Membuang sisa produksi ke tempat pembuangan.
Referensi : -Google search engine
Tidak ada komentar:
Posting Komentar